Berita


Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2021: Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila

Halo Sobat SMP! Pada tanggal 1 Oktober 2021, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti yang berada di Lubang Buaya, Jakarta Timur secara sederhana dan khidmat, minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19. 

Tahun ini, tema yang diangkat adalah Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pidato singkat mengenai Hari Kesaktian Pancasila. Menurut beliau, Hari Kesaktian Pancasila harus dijadikan momentum untuk merefleksikan diri dan mempersiapkan Indonesia menjadi bangsa yang tangguh.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang,” ujar Mendikbudristek melalui pidato singkat yang diunggah di kanal YouTube Kemendikbudristek.

Sejak kemerdekaan diproklamirkan, Negara Kesatuan Republik Indonesia telah mendapatkan berbagai rongrongan yang mengancam kedaulatan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Rongrongan tersebut dimungkinkan karena faktor kelengahan dan kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. 

Sebagai dasar negara dan ideologi, Pancasila telah menunjukkan kesaktiannya bahwa tidak akan tergantikan oleh paham apa pun. Jangan sampai Pancasila kembali terancam dengan paham-paham dan juga ideologi yang ingin menggantikan kedaulatannya.

Maka dari itu, dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI. Mari kita bulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Indonesia.

Sobat SMP selaku bagian dari bangsa Indonesia bisa turut mengamalkan nilai-nilai Pancasila, salah satunya dengan cara menerapkan 6 Profil Pelajar Pancasila. Keenam Profil Pelajar Pancasila tersebut ialah beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; berkebinekaan global; gotong-royong; mandiri; bernalar kritis; dan juga kreatif.

“Para Pelajar Pancasila itulah yang akan meneruskan estafet pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan. Kepada para seluruh masyarakat Indonesia saya ucapkan selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Dengan nilai-nilai Pancasila yang menyertai langkah kita, mari membangun Indonesia yang lebih tangguh, lebih inklusif, dan lebih mencerdaskan dengan Merdeka Belajar,” pungkas Nadiem.

VIDEO


KERJAKU


Kontak


Alamat :

Jl. Raya Bongas No. 276 , Kec. Bongas Kab. Indramayu Jawa Barat

Telepon :

0234 612402

Email :

info@mysch.id

Website :

https://www.smpn1bongas.sch.id/

Media Sosial :